Laman

22 Nov 2010

Strategi untuk kepuasan kerja dan motivasi

Strategi untuk meningkatkan Kepuasan dan Moral Kerja:
1. Menaikan upah karyawan.
2. Memberikan kenaikan jabatan kepada karyawan yang berprestasi.
3. Kepastian kerja.
4. Memberikan bonus uang tunai kepada karyawan yang berkinerja baik dalam perusahaan.
5. Memberikan kompensasi kepada karyawan.
6. Menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

Ada tiga aspek penting yang berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang dalam bekerja, yaitu : SKILL, ATTITUDE dan MOTIVASI. Untuk aspek skill dapat ditingkatkan dengan melakukan program training, untuk attitude dapat dilakukan dengan program training pengembangan diri sedangkan untuk meningkatkan motivasi seringkali tidak sekedar memberikan input pengetahuan tetapi juga perlu melihat akar masalah yang membuat kurangnya termotivasi. Seringkali motivasi juga lebih banyak dipengaruhi oleh faktor internal dibandingkan dengan faktor eksternal. Ada enam strategi yang dapat membantu meningkatkan motivasi kerja seseorang yaitu :

1. SASARAN ; sasaran yang jelas dan tegas akan membantu individu untuk tetap focus pada tujuan yang realistis. Karena semakin tidak realistis maka semakin mudah individu menjadi frustrasi.

2. PARTISIPASI ; umumnya setiap orang akan lebih bersemangat jika mengerjakan suatu tugas dimana ia punya kontribusi dalam prosesnya. Libatkanlah bawahan kita untuk memikirkan langkah-langkah pengembangan perusahaan.

3. PENGAKUAN ; lakukan pengakuan non-financial berupa pujian dari atasan akan memberikan dampak yang sangat besar bagi individu. Pengakuan sendiri berkaitan dengan enam kebutuhan dasar manusia yang paling dicari.

4. KOMUNIKASI ; dengan melakukan komunikasi yang intens maka bawahan akan merasa lebih dipercaya dan merasa aman. Hal ini tentunya akan membantu individu untuk bekerja dengan tenang.

5. KESEMPATAN ; pada umumnya setiap orang memiliki keinginan untuk berkembang, namun banyak hal yang berpengaruh. Antara lain : adanya kesempatan untuk berkontribusi dan meningkatkan potensi dirinya.

6. KERJASAMA ; manusia adalah mahluk sosial, sehingga interaksi dengan oranglain merupakan kebutuhan yang mutlak harus ada, walaupun pada orang yang sangat introvert sekalipun juga.

Strategi diatas akan memberikan dampak yang besar jika didukung dengan system yang tepat, corporate culture yang konduksif, serta komitmen dari atasan untuk mengimplementasikan budaya perusahaan yang berbasis pada pengembangan SDM.

Pada prakteknya sebelum melaksanakan perlu terlebih dahulu dilakukan manajemen assessment, untuk melihat kesiapan manajamen terhadap perubahan-perubahan. Enam strategi diatas menjadi dasar untuk meningkatkan motivasi, karena motivasi setiap orang lebih bersifat intrinsik dan personal, sehingga kejelian dari atasan untuk menggunakan strategi yang mana menjadi kunci dari keberhasilan dalam memotivasi bawahan.

sumber : http://psy-herlangga.com/2010/02/strategi-meningkatkan-motivasi-kerja-karyawan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar